Friday 15 January 2016

 



UNISI (lpmamuletunisi.com) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Indragiri (Unisi) terbilang sukses menggelar seminar Internasional yang dimulai tanggal 2 Desember kemarin di gedung Engku Kelana Tembilahan.
Berdasarkan data yang diramkum, seminar itu diikuti sebanyak  420 peserta terdiri dari kalangan pelajar, mahasiswa, guru dan dosen serta peserta dari kalangan umum. Terdata juga kalau sejumlah peserta itu mayoritas dari Kabupaten Inhil, namun tampak peserta yang berdatangan dari daerah lain seperti Jambi, Pekanbaru, Batam, Padang dan daerah lainnya.
Tak kalah hebatnya, penyelenggara kegiatan juga menghadirkan narasumber ternama dari berbagai instusi baik dari Universitas luar negeri, Kementerian RI, kepala daerah hingga para pakar lainnya yang membidangi isi seminar.
Dimana, kegiatan berkelas itu mengangkat tema Pemberdayaan Pendidikan Politik Guna Meningkatkan Perekonomian di Wilayah perbatasan.
“Tema ini telah dikaji dan dinilai penting untuk diaplikasikan terutama terkait pemberdayaan masyarakat,” kata pendiri Unisi Dr H Indra Muchlis Adnan saat sambutannya sekaligus membuka resmi seminar Internasional.
Sementara Rektor Unisi Dr R Sri Handayani mengatakan bahwa kegiatan itu digelar untuk menyongsong dan menghadapi pasar ekonomi global. Selain itu juga terkait dengan hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa Unisi dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata.
“Karena kegiatan Kukerta dari kita dapat disebut tematik berpengabdian masyarakat berbasis riset dan pembelajaran pemberdayaan masyarakat,” kata Rektor.
Terkait pelaksanaan seminar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Bagaimana tidak, tujuan dan maksud kegiatan lebih kepada kemajuan daerah terutama pola fikir masyarakat menghadapi perekonomian di perbatasan.
“Atas nama pemerintah, saya sangat mengapresiasi dengan kegiatan ini apalagi telah mampu menghadirkan para pakar sebagai pemateri sesuai dengan bidangnya,” kata Bupati Inhil HM Wardan melalui Staf Ahli Setdakab Inhil Hafitsyah.
Menurutnya, dari tema seminar sudah jelas sebagai pemberi kontribusi dalam meningkatkan inovasi, ide, kreatifitas dan produktifitas masyarakat dalam meningkatkan perekonomian pada umumnya, khususnya pada perbatasan wilayah.
“Kita pahami sebanyak 485 mahasiswa yang dilibatkan dalam penelitian di lapangan pada program pengabdian kepada masyarakat untuk melihat langsung kebutuhan masyarakat dan lain sebagainya, sehingga seminar ini sangat penting untuk digelar,” ucapnya
Untuk diketahui, seminar tersebut sudah sampai diakhir acara dan sukses berjalan lancar tanpa ada hambatan yang signifikan. Panitia pelaksana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu terutama kepada para narasumber dan peserta seminar, terlebih kepada para donatur yang turut menyukseskan kegiatan. (m)

No comments:

Post a Comment